Iklan

Analisis Galat dan Masalah mendasar pada komputasi Numeris

A. Kendala dalam Sistem komputasi Numerik
Dalam komputasi numerik yaitu perhitungan yang menggunakan bahasa-bahasa pemrograman (Pascal, Fortran, dll) selalu dijumpai beberapa kendala sistematis yang berhubungan dengan sistem kerja "prosesor" dan atau "koprosesor" dari komputer yang digunakan.
Kendala-kendala yang dijumpai umumnya berupa galat (error), pembulatan (round-off) dan stabilitas (stability). Disamping itu problem-problem intrinsik yang dimiliki oleh setiap compiler bahasa pemrograman jugu turut mempengaruhi kendala-kendala tersebut.

B. Solusi Analitis dan Numeris.
Secara matematis semua problem seharusnya dapat diselesaikan, betapapun sulitnya. Pada dasarnya, solusi problem matematis tersebut dapat digolongkan dalam 2 bagian besar yaitu:
  • Solusi EKSAK (exact solution) : hasil penyelesaian suatu problem matematis yang identik dengan hasil penyelesaian yang diperoleh melalui metode analitis.
  • Solusi PENDEKATAN (approximative solution) : hasil penyelesaian suatu problem matematis dengan metode numerik yang umumnya merupakan pendekatan terhadap solusi eksak karena adanya ketidakpastian dan error (uncertainty and errors) dalam proses penyelesaian problem.
Namun didalam dunia teknik umumnya lebih dipilih teknik-teknik  solusi yang praktis dan menghemat waktu. Dalam hal ini solusi pendekatan seringkali digunakan karena dianggap relatif praktis dan dapat menghemat waktu.

C. Teknis dan Proses Penyelesaian Problem
Secara sistematis teknis dan proses penyelesaian problem dapat dilakukan berdasarkan urutan atau sekuens kerja sebagai berikut:
  1. Formulasi yang tepat dari suatu model matematis dan atau pada model numerik yang sepadan.
  2. Penyusunan suatu metode untuk penyelesaian problem numerik
  3. Implementasi metode yang dipilih untuk proses komputasi solusi/jawaban.
Sekuens teknik dan proses penyelesaian problem
Download Modul 1

1 Response to "Analisis Galat dan Masalah mendasar pada komputasi Numeris"

  1. Mantap bro, kalo ada penjelasanny kan jadi mudah :)
    Thanks :)

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan topik yang relevan